Mengatasi Rasa Cemas

Rasanya semua orang pernah mengalami rasa cemas. termasuk aku. baik karena tugas kuliah, pasangan, orang tua, kaka ade yang nyebelin, dan lain - lain.

nah, Jangan biarkan rasa cemas itu menghantui kita terus menerus karena bisa memicu depresi. mungkin tips - tips dibawah ini bisa dicoba untuk mengatasi kecemasan mu, yang dikutip dari Real Simple . selamat membaca ! :D 

Pertama ! 
Katakan Berulang Kali Hal yang Membuat kamu Khawatir
Ketika takut naik lift, kamu harus menghadapi ketakutan tersebut dengan berulangkali naik lift itu sampai kamu bosan. Awalnya mungkin akan merasa panik, namun lama kelamaan kamu akan terbiasa menghadapi hal tersebut. Begitu juga dalam mengatasi kecemasan, cobalah untuk mengatakan hal yang membuat Kamu khawatir berulang-ulang sampai bosan. Maka otak akan merespon hal tersebut sehingga perlahan-lahan kecemasan Kamu itu akan hilang.

Kedua ! J
Abaikan Rasa Gelisah
Kadang Kamu terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak. Kamu yakin perasaan tersebut dapat memicu terjadinya bencana atau masalah besar. Abaikan perasaan tersebut, karena semakin Kamu memikirkannya, justru musibah itu bisa hadir dari pikiran Kamu sendiri.

ketiga ! J
Anggap Rasa Gelisah Seperti Cerita Drama
Bukan menyarankan untuk menjadi 'drama queen', tapi anggap saja kekhawatiran sebagai sebuah drama di pikiran Kamu, yang pasti akan berakhir. Nikmati saja setiap cerita yang disuguhkan oleh pikiran Kamu tersebut, dan anggap diri Kamu sedang terlibat dalam pertunjukan itu.

keempat ! J
Sediakan Waktu Khusus untuk Memikirkan Masalah & Solusinya
Pilihlah momen tertentu yang Kamu anggap sebagai waktu yang tepat untuk memikirkan masalah. Misalnya pukul 19.00-20.00, Maka pada jam tersebut, Kamu harus fokus memikirkan masalah dan mencari solusinya. Lewat dari jam tersebut, bebaskan pikiran Kamu dari masalah itu.

kelima ! 
J
Meditasi
Ini adalah metode biasa, namun sangat ampuh untuk mengatasi kecemasan. Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan. Buang semua kepanikan Kamu dan gunakan logika untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Panik bisa membuat Kamu berpikir terlalu jauh, jadi tenangkan diri terlebih dulu agar solusi dari masalah bisa didapatkan.

keenam ! J
Mandi Air Hangat 
Mandi air hangat adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menyenangkan dan menenangkan indera. Untuk mendapatkan manfaat lebih banyak, tambahkan sedikit aromaterapi atau sabun spa bath ke dalam bak mandi dan berendamlah selama mungkin agar perasaan Kamu lebih tenang.


Ketujuh ! J
Mengatur Napas
 Kecemasan akan berangsur-angsur hilang hanya dengan mengatur pernapasan. Ambil napas dalam-dalam secara perlahan dalam posisi duduk, kemudian letakkan salah satu tangan di atas perut. Tariklah napas perlahan-lahan sehingga perut terasa mengembang di bawah tangan kita, tetapi usahakan agar bahu tidak naik. Lakukan hal ini berulang kali untuk hasil yang lebih maksimal. 



Komentar